Tren Ekspor Kopi Indonesia Menurun

Unik itu Bank Indonesia membuat sejumlah langkah untuk membantu peningkatan produksi kopi premium dari Malabar ini. Menurut Presiden Jokowi, Indonesia juga dikenal sebagai produsen kayu ringan terbesar di dunia, termasuk jenis kayu Sengon dan Jabon. Ironisnya, Indonesia termasuk eksportir residence decor ke-19 terbesar di dunia. Agar pasokan kopi tetap terjaga, petani kopi memang diminta untuk tergabung dalam koperasi. Dengan begitu, sumber daya alam ini bisa langsung diputarkan baik ke pasar nasional maupun internasional.

Membuat ekspor kopi

Utk dicatat bahwa SKA di Indonesia akan diterbitkan jika telah terbukti ekspor yaitu dengan melampirkan kopi Bill of Lading dari pengiriman barang tersebut. Pak, perusahaan saya pemegang API U di Jakarta, dan berencana untuk meng-ekspor kopi dari Palembang melalui Jakarta ke beberapa negara. Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, selain EKS atau ETK untuk dapat mengekspor kopi eksportir juga harus memiliki Surat Persetujuan Ekspor Kopi . SPEK ini dikeluarkan oleh Dinas Perdagangan, baik tingkat Provinsi, Kabupaten atau Kota.

Kemudian disusul Jepang, dengan nilai USD104,ninety six juta, Jerman sebesar USD88,4 juta, Itali mencapai USD84 juta, dan Malaysia USD70,8 juta. Ichwan menuturkan, pasar dalam negeri sendiri tahun ini diperkirakan naik eight – 10 persen seiring dengan tren pertumbuhan gaya hidup dan industri kafe dan restoran. Sementara, produksi kopi sendiri tahun ini diprediksi hanya tumbuh sekitar 7 persen. Kalau mau meningkatkan produksi pun, kopi kita akan tetap terserap semua, baik di ekspor maupun untuk konsumsi dalam negeri,” terangnya. Mata rantai yang terlalu panjang sebelum diekspor ke luar negri juga mempengaruhi kualitas dan kuantitas kopi. Kuantitas kopi yang berkualitas tidak sama saat berada di perantara pertama.

Peluang dan informasi tentang sumber-sumber perluasan lahan menjadi langkah awal upaya kearah itu. Pemerintah melalui strategi reforma agraria melakukan legalisasi dan distribusi tanah seluas 9 juta ha yang disebut sebagai tanah objek reforma agraria bagi petani dan masyarakat miskin. Pada intinya, penelitian ini berupaya mencari strategi mengoptimalkan pemanfaatan lahan TORA untuk mendukung swasembada pangan. Fokus dari pengembangan infrastruktur tersebut adalah untuk mendukung peningkatan produksi pertanian, terutama tanaman pangan.

“Yang bisa pelaku usaha lakukan adalah bertahan dan tidak terlalu ekspansif, karena masih banyak faktor yang tidak pasti,” tukas dia. Kopi specialty adalah kopi yang dinilai oleh Q-Grader tersertifikasi yang mampu memenuhi kriteria kelas specialty mengacu pada Specialty Coffee Association , dari segi kualitas fisik dan kualitas rasa. Terdapat tiga kelas dalam kualitas fisik, yaitu Specialty Grade, Premium Grade, dan Exchange Grade. Untuk kualitas rasa, kopi dapat dibilang specialty jika mendapatkan nilai di atas 80 melalui proses cupping.

Bahkan bisa jadi sebaliknya, karena masyarakat membutuhkan kebuguran tubuh untuk melawan korona, maka kopi menjadi alternatif favorit bagi siapa pun. Dengan kualitas kopi yang sangat bagus, wajar jika Indonesia menjadi pengekspor kopi terbesar di dunia. Dari sekian jenis barang komoditi yang diekspor, grafiknya memang menurun. Salah satu yang sangat terpukul adalah mereka yang bergerak di bidang ekspor. Produk tidak bisa dikirim karena banyak negara melakukan penguncian wilayah atau lockdown.

Berharap nasib para petani kopi dijadikan bahan pembicaraan serius ketika para pemangku kebijakan berkumpul dan berbincang hangat sembari menyeruput asamnya Arabica Gayo atau uniknya rasa Liberika Jambi. Sehingga para petani bisa tidur nyenyak tanpa harus pusing memikirkan bagaimana nasib pendidikan anak-anaknya kelak. Dengan harga beli yang terlalu rendah, petani harus memutar otak cukup keras agar bisa mengoptimalkan pendapatannya menjadi modal untuk memenuhi biaya produksi menjelang musim panen berikutnya. Terlebih biaya produksi yang harus dikeluarkan petani juga berlipat karena pupuk dan obat-obatan tanaman terkadang hilang di pasaran, lalu tiba-tiba muncul dengan harga yang fantastis. Selama ini, petani menjual hasil kebunnya kepada pedagang pengumpul, namun tak jarang serangan jasa para tengkulak memaksa petani menjual hasil kebunnya kepada mereka. Para tengkulak seperti membuat suatu sistem sehingga petani tidak memiliki celah untuk bisa menjual hasil panennya di pedagang pengumpul.

SKA untuk kopi, begitu juga SKA untuk produk lainnya dilakukan secara self assesment. Mas Anton tinggal datang ke dinas perdagangan untuk meminta form SKA, setelah diisi kemudian dikirimkan lagi ke dinas perdagangan untuk legalisasi. EKS dapat ditingkatkan menjadi Eksportir Terdaftar Kopi jika telah melakukan ekspor kopi sedikitnya 200 ton dalam 1 tahun kopi. Yang dimaksud dengan tahun kopi adalah tanggal 1 Oktober sampai dengan 30 September tahun berikutnya. Permendag tersebut bertujuan untuk meningkatkan efektivitas pelaksanaan kebijakan ekspor kopi yang selama ini diberlakukan.

TTI merupakan bagian dari upaya membenahi struktur dan rantai pasok pangan di Indonesia. Melalui pendekatan tersebut, rantai pasok dipangkas hanya menjadi tiga tahap sehingga diharapkan akan mampu membentuk struktur pasar yang baru. Toko Tani Indonesia melakukan perubahan struktur pasar baru, dengan tetap menjaga keseimbangan antara produsen, pedagang, dan konsumen. Namun akibat pandemi covid, ekspor kopi Gayo terhambat bahkan sempat terhenti, sehingga harga kopi di tingkat petani merosot tajam. Sertifikasi indikasi geografis kopi dinilai mampu memperluas peluang ekspor produk kopi nasional.

Kopi terutama specialty coffee menunjukkan adanya kenaikan permintaan khususnya dari Eropa dan Amerika,” kata Kasan. Jadi, pada dasarnya ekspor dapat dilakukan oleh siapa saja, termasuk badan usaha baik yang berbentuk badan hukum atau bukan badan hukum, dan bahkan orang perseorangan. Memiliki modal usaha lebih dari Rp5 miliar sampai dengan maksimal Rp10 miliar tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha atau hasil penjualan tahunan lebih dari Rp15 miliar sampai dengan maksimal Rp50 miliar.