Kenali Fungsi Komunikasi Bisnis Bagi Kesuksesan Perusahaan

Pelatihan bagi pelaku UMKM di Kota Pekalongan ini merupakan bagian dari program Digital Talent Scholarship 2020 Kemenkominfo yang diikuti oleh one hundred twenty orang peserta pelaku UMKM dari berbagai sektor usaha di Kota Pekalongan. Sejumlah perusahaan turut berkomitmen untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals/SDGs. Konferensi digelar untuk membahas tren ICT dan Business Outlook 2022, serta bagaimana solusi inovatif Lintasarta dalam membantu bisnis dari berbagai industri untuk mencapai potensi maksimal. Dihadiri lebih dari one thousand peserta lintas sektoral dari industri banking atau finance, manufaktur, e-commerce, retail, otomotif, transportasi, logistik, pertambangan, energi, dan pemerintahan. “Hal ini juga menjadikan kebutuhan cloud semakin tinggi dalam mempermudah proses bisnis dan meningkatkan pengalaman pelanggan,” pungkas Ginandjar. Cloud disebutnya menjadi kunci perusahaan dalam membangun daya saing di period digital.

Tujuan komunikasi bisnis yang pertama yaitu untuk memberikan informasi kepada pihak lain tentang hal yang berkaitan dengan bisnis. Informasi untuk pelanggan bisa berupa informasi diskon, produk baru, atau perubahan jam operasional. Tujuan komunikasi bisnis secara umum dibagi menjadi tiga macam, yaitu untuk memberikan informasi, memberikan persuasi, dan melakukan kolaborasi. Jenis komunikasi ini merupakan jenis komunikasi yang terjadi dari seseorang yang berada di level lebih rendah pada level yang lebih tinggi seperti manajer atau pimpinan berdasarkan hirarki perusahaan.

Berkomuniikasi dalam bisnis

Isi dari pesan yang dikomunikasikan memiliki beragam bentuk, tergantung situasi, kondisi, dan tujuannya. Bentuk komunikasi ini berlangsung menggunakan bahasa tanda, simbol, dan tubuh. Komunikasi bisnis membuat suatu perusahaan dapat mengambil keputusan dengan baik, sehingga kinerja perusahaan akan lebih efektif. Komunikasi bisnis dapat membantu dalam pengambilan keputusan yang baik dan tepat dengan memberikan informasi yang relevan. Sedangkan pengertian Bisnis dalam KBBI adalah usaha komersial dalam dunia perdagangan, bidang usaha maupun usaha dagang.

Bersikap asertif atau tegas adalah salah satu sikap yang sangat diperlukan dalam keterampilan bisnis. Sikap tegas bukan hanya perlu dimiliki oleh para pemimpin, namun juga oleh semua orang yang terlibat dengan pekerjaan dan bisnis. Sikap asertif akan memberi kejelasan pada setiap komunikasi bisnis yang kita lakukan. Komunikasi eksternal adalah komunikasi yang dilakukan dengan pihak di luar perusahaan dengan tujuan untuk mendapatkan kepercayaan, bantuan, serta membangun kerjasama dengan pihak luar.

Sehingga akan memberikan kepuasan konsumen karena mampu memberikan pelayanan terbaik, dan penjelasan terkait produk atau jasa yang ditawarkan. Sedangkan bagi anda pelaku bisnis dapat meraih angka pendapatan atau penjualan yang signifikan. Tujuan komunikasi bisnis adalah melakukan kolaborasi atau kerjasama bisnis dengan pihak lain. Bila tujuan komunikasi bisnis bisa berjalan dengan baik, maka aktivitas bisnis akan berjalan dengan baik pula. Untuk penjelasan lebih lanjur, berikut merdeka.com rangkum bentuk, jenis, fungsi, dan tujuan komunikasi bisnis beserta penjelasannya, dilansir dari beberapa sumber. Jenis komunikasi bisnis ini merupakan bentuk komunikasi apa pun yang terjadi dengan pihak-pihak di luar perusahaan, seperti kepada pelanggan, vendor, klien, atau mitra.

Sebaliknya, pelaku usaha dapat mengajak pelaku usaha lain untuk melakukan kerja sama atau kolaborasi dalam meningkatkan nilai jual produk maupun jasa yang ditawarkan. Perbedaan kategori komunikasi yang ditarget kerap membuat isi pesan serta media penyampaian pesan perlu disesuaikan agar tujuan komunikasi bisnis dapat optimum. Dampak kesalahan berkomunikasi dalam bisnis ini dapat dikatakan cukup besar. Mengingat komunikasi dalam berbisnis ini penting untuk tetap dijaga dan selalu diterapkan untuk kelangsungan bisnis.