Ekspor Impor Indonesia

Indonesia jug perlu meningkatkan promosi produk rempah yang belum dikenal, seperti kunci dan temulawak. Rempah merupakan komoditas ekspor yang menjanjikan karena pasarnya terus tumbuh. Ia menyebutkan, ekspor unggas ke dunia internasional tidak terlepas dari kondisi bahwa saat ini kompartementalisasi bebas flu burung Indonesia telah diakui oleh Organisasi Kesehatan Hewan Dunia sesuai dengan standar internasional. Otomatis permintaan global anjlok, mitra ekspor-impor juga akan melakukan sistem pembatasan barang, alur ekspor-impor terhambat dan lain sebagainya. Perusahaan disana mungkin tidak akan bisa bersaing apabila hanya menjual produk di dalam negeri mengingat Singapura mempunyai populasi manusia yang tidak terlalu banyak.

Sehingga ketersediaan bahan-bahan yang diperlukan dalam kegiatan ekonomi juga terjamin. Wabah virus korona yang bermula dari Wuhan di akhir Desember 2019 telah menyebar ke berbagai penjuru dunia dengan sangat cepat, sehingga WHO menetapkannya sebagai pandemi global. Kondisi ini telah memukul kegiatan perekonomian global, termasuk lalu lintas perdagangan internasional. Sementara Ekuador telah meningkatkan ekspor udang sebesar 6% menjadi 499,000 ton dalam 9 bulan pertama tahun 2020, dan menyalip India menjadi pengekspor udang terbesar di dunia. Permintaan international telah mulai pulih sebelum munculnya kembali kasus virus di beberapa pasar ekspor terbesar China, termasuk AS dan Eropa. Hal ini dapat mendorong permintaan untuk alat pelindung diri buatan China dan perangkat untuk bekerja dari rumah.

Sebelum terganggu oleh pandemi, tren ekspor ikan dan udang itu menunjukkan grafik peningkatan yang konsisten selama beberapa tahun terakhir. [newline]Pandemi membuat sisi produksi merosot sekitar 3 persen, namun nilainya justru meningkat. Dari 744 juta ton beras yang diproduksi dunia, hampir 10% diantaranya berasal dari Indonesia. Namun kapasitas produksi saat ini cuma mampu memenuhi kebutuhan di dalam negeri. Pemerintahan Joko Widodo berjanji akan meningkatkan kapasitas produksi dengan membuka lahan baru dan mengembangkan varian padi yang lebih efektif. “Di masa depan, perlu dilakukan upaya-upaya terencana dan sistematis untuk menciptakan eksportir baru. Dengan keterbukaan perekonomian sebagai implementasi berbagai kesepakatan perdagangan bebas membuat pasar Indonesia terkoneksi nyaris sempurna dengan pasar international dan membuka peluang lebih besar bagi ekspor Indonesia termasuk produk UKM,” ujar Handito.

Dunia ekspor

Masalahnya, bebas pajak ekspor berarti Pemerintah kehilangan sebagian besar pendapatan pajak ekspor dari industri minyak sawit. Maka Pemerintah memutuskan untuk mengintroduksi pungutan ekspor minyak sawit di pertengahan 2015. Pungutan sebesar 50 dollar Amerika Serikat per metrik ton diterapkan untuk ekspor minyak sawit mentah dan pungutan senilai 30 greenback AS per metrik ton ditetapkan untuk ekspor produk-produk minyak sawit olahan.

Impor pangan, jelasnya, menjadi celah korupsi para pihak yang memang berniat mengambil keuntungan. Oleh karena itu, pemerintah harus memperbaiki tata kelola pangan lokal dengan lebih berpihak kepada petani atau masyarakat. Cinta produk dalam negeri harus direalisasikan dalam kebijakan bukan sekadar jargon. Manager Riset Seknas Fitra, Badiul Hadi, dalam kesempatan terpisah mengatakan, beberapa tahun terakhir Fitra melakukan analisis terhadap lease seeking impor pangan. “Impor pangan ini memiliki sederet catatan praktik korupsi, terutama terkait perizinan dan penentuan kuota,” ungkap Badiul. [newline]Sudah, lebih dari 34 juta orang bergulat dengan tingkat darurat kelaparan akut , yang berarti selangkah lagi dari kondisi kelaparan di seluruh dunia. “Jangan heran, jika jumlah dan nilai impor semakin naik sejak era reformasi tahun 2000,” kata Masyhuri.